Dampak Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk PT. Kartika Boga Lestari di AEON Mall Sentul City

Main Article Content

Marselinus
Arifin Rudianto

Abstract

Persaingan produk makanan di era globalisasi semakin meningkat. Penentuan harga adalah salah satu faktor utama yang menentukan keberlanjutan suatu perusahaan. Tujuan dalam penelitian ini mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan produk Morenos. Penelitian dilakukan di cabang PT. Kartika Boga Lestari yang terletak di AEON Mall Sentul City, Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 72 responden. Jumlah sampel yang diamati diperoleh melalui hasil kuantifikasi menggunakan metode slovin dengan derajat ketelitian sebesar 5%. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode regresi sederhana untuk melihat pengaruh antara variabel X (harga) dan Y (kepuasan), menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Harga yang ditetapkan oleh produsen berpengaruh pada kepuasan pelanggan yang berdampak pada penjualan produk. Hal tersebut juga diperkuat melalui nilai koefisien determinasi yang menghasilkan nilai sebesar 70%. Saran yang diberikan dalam penelitian ini yaitu, pihak perusahaan harus mempertimbangkan ulang dalam penentuan harga produk Morenos untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Article Details

Section
Articles