Bauran Pemasaran sebagai Determinan dalam Minat Mendaftar Mahasiswa Baru

Main Article Content

Riszky Nurseno
Nico Mufti Setiawan
Marselinus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap minat mendaftar mahasiswa di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei melalui penyebaran kuesioner kepada 86 responden. Instrumen penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya, serta dilakukan uji asumsi klasik seperti normalitas dan linearitas. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap minat mendaftar dengan nilai signifikansi < 0,001 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,561. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 42% menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap variabel minat mendaftar, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Temuan ini sejalan dengan beberapa penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa strategi pemasaran yang efektif dapat meningkatkan daya tarik calon mahasiswa terhadap institusi pendidikan tinggi

Article Details

Section
Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.