Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Travel Umrah & Haji Terhadap Kepuasan Konsumen

Main Article Content

Somariah Fitriani
Jourdy Stevano

Abstract

Kepuasan pelanggan dan konsumen merupakan elemen sentral yang berperan penting dalam pertumbuhan dan kemajuan bidang industri jasa. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi pengaruh pelayanan yang diberikan jasa travel umrah dan haji PT. Aditia Al Tahir terhadap kepuasan pelanggannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian cross-sectional. Penelitian ini dilaksanakan dari Januari 2022 hingga Septermber 2023 di kantor PT. Adita Al Thair, Provinsi DKI Jakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 orang yang diambil dari jamaah haji, pelanggan PT. Adita Al Thair yang diambil melalui wawancara dan penyebaran kuesioner kepada responden. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan metode regresi linear sederhana menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen. Berdasarkan hal tersebut maka upaya yang dapat dilakukan untuk mempertahankan kepuasan pelanggan adalah dengan rutin melakukan evaluasi pelayanan yang diberikan dan meningkatkan komunikasi kepada pelanggan yang telah menggunakan jasa perusahaan.

Article Details

Section
Articles